Sabtu, 09 Juni 2012

Gazebo Kayu Kelapa | TIPS MEMBANGUN KOLAM DI BAWAH GAZEBO


Kolam yang berada dibawah gazebo akan memberikan kesan yang berbeda dengan kolam yang berada disamping gazebo. Atas 'kesenyawaan' yang membawa nuansa hati kita ke pada kondisi alam perkampungan. Apa lagi bila konsep kolam dan konsep gazebonya merupakan konsep konvensional, alami dan tropis.

Bagi gazebo, berada diatas kolam, akan memberikan kesan terlihat mengapung dan lega.
Bagi taman, penyatuan kolam dan gazebo yang 'tumpang tindih' ini akan memberikan ruang yang lebih luas untuk berkreasi dengan tanaman dan softscape lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam rangka membangun kolam dan gazebo yang menyatu ini, antara lain;


  1. Pastikan kondisi pondasi kolam cukup kuat untuk sekaligus menahan pondasi gazebo.
  2. Pastikan kaki tiang gazebo berada diatas permukaan air, bila perlu berikan pondasi tambahan, agar air tidak merendam kaki gazebo dan sehingga tidak mudah lapuk.
  3. Untuk keamanan dan kenyamanan pada saat berada di gazebo, buatkan railing (pagar) gazebo, paling tidak di sisi yang bersentuhan langsung dengan area kolam.
  4. Pilih atap gazebo yang tidak mudah rontok. Untuk itu tidak disarankan menggunakan atap alang-alang.
  5. Pilih konsep yang sesuai antara gazebo dengan kolam, bila gazebo konsepnya gazebo kayu kelapa, maka kolam sebaiknya mengusung tema tropis atau tropis minimalis, yang mengedepankan bahan-bahan dari alam, seperti batu kali.
  6. Lakukan lighting yang menyatukan pencahayaan 'bersama' terhadap gazebo sekaligus pencahayaan terhadap kolam. Penerangan dimalam hari menggunakan lampur sorot yang dipasang pada bagian sudut atap. Setiap sudut pertemuan atap, dipasang satu buah lampu. 
  7. Pilih kualitas bahan yang terbaik.
Gazebo yang berada di atas kolam akan terlihat ringan sehingga kesan mengapung di air semakin terasa, sehingga apabila taman Anda tidak terlalu luas, pilihan ini akan membantu Anda meminimalisasi kesan 'penuh' di taman Anda. Apalagi bila dipadukan dengan konsep taman minimalis.

Editor | Jasa Kolam | Tribute to | Gazebo Kayu Kelapa | Agro Gemilang |
Posted by: Agro Gemilang Jasa Kolam, Updated at: 00.36

Tidak ada komentar:

Posting Komentar