Senin, 11 Juni 2012

Perkebunan Ekaliptus | AGAR KOLAM MENJADI LEBIH TEDUH, PILIH KANOPI ATAU POHON PELINDUNG?


Sudah diketahui bersama bahwa keteduhan kolam perlu dijaga karena keteduhan kolam akan mempengaruhi ekosistem yang ada dan atau yang berhubungan langsung atau tidak langsung dengan kolam itu sendiri. Untuk lokasi yang memang sudah terlanjur terbuka, dengan sinar matahari langsung yang sudah terasa terlalu panas, ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan untuk tetap bisa menjaga keteduan dari kolam itu. Beberapa diantaran akan kita bahas berikut ini;

Pohon Pelindung dan Tanaman Rendah

Pohon pelindung ditanam sebagai upaya untuk menjaga agar iklim mikro daerah setempat menjadi optimal, yang akhirnya akan berpengaruh positif pada pertumbuhan dan produktivitas ekosistem, vegetasi dan atau lingkungan di daerah itu.
Fungsi dari pada pohon pelindung ini dapat digambarkan sebagai berikut;
  1. Pelindung dari angin, Dalam hal ini tanaman pelindung harus mempunyai perakaran yang kuat, untuk menahan terpaan angin. Misalnya: Biola Cantik.
  2. Pelindung dari radiasi langsung sinar matahari, pohon pelindung ini harus mempunyai kanopi yang rindang, sehingga dapat menaungi kolam dan tanaman di bawahnya. Misalnya: Ketapang Kencana.
  3. Pelindung tanah dari erosi , pohon pelindung jenis ini harus mempunyai perakaran yang kuat dan tersebar jauh dalam tanah, namun jangan sampai mengganggu pondasi dari kolam itu sendiri. Untuk itu perlu diperhatikan jenis perakaran tanaman dan jarak tanam.Misalnya: Ekaliptus.
  4. Pelindung kelembaban tanah dan gulma, Tanaman pelindung jenis ini berfungsi sebagai cover tanah, sehingga tanah tertutup merata, dan kelembaban tanah dapat di pertahankan, namun gulma terhalang untuk tumbuh.. Misalnya: K
 Kanopi Buatan

Ada beberapa arti dari kata kanopi, tergantung dari konteks yang digunakan saat ini. Tetapi secara harfiah, arti kata kanopi adalah penutup atau pelindung dibagian atas. Mungkin hal inilah yang mendasari penggunaan istilah kanopi, sebagai kelengkapan/aksesoris tambahan dari rumah.
Kanopi biasanya diletakkan pada bagian depan atau belakang rumah, dan ditempelkan pada dinding, dengan ketinggian biasanya sekitar 3M dari lantai. Penggunaan kanopi ini sendiri bisa sebagai pelindung atas dari carport, kemudian juga bisa digunakan untuk melindungi teras/dinding rumah agar tidak terkena tampias air hujan, menjadi pelindung tanaman hias/bunga hias agar tidak terkena sinar matahari langsung dan juga untuk menjadi atap tempat menjemur pakaian (agar pakaian yang dijemur tidak terkena hujan & masih mendapatkan sinar matahari).
Penggunaan kanopi saat ini sedang ngetrend, terutama untuk rumah-rumah berarsitektur minimalis. Karena memang memasang & membuat kanopi tidak membutuhkan waktu yang lama, dibandingkan mengecor/membuat dak. Untuk mengenal lebih jauh mengenai kanopi, berikut adalah penjelasan mengenai bagian-bagiannya, bahan-bahan yang digunakan serta keunggulan maupun kelemahan dari masing-masing bahan tersebut.

Rangka,
Untuk rangka, bahan yang biasa digunakan adalah besi atau stainless steel. Tentu saja masing-masing bahan punya kelebihan dan kekurangannya, sbb:
  • Besi, merupakan solusi yang murah & cukup kuat. Tetapi besi rentan terhadap karat, sehingga bila menggunakan besi sebagai rangka kanopi, maka harus dicat dengan baik. Sebaiknya menggunakan cat yang kualitasnya sangat baik, karena tempat untuk meletakkan kanopi adalah diluar ruangan (outdoor).
  • Stainless Steel, secara kualitas memang diatas besi. Karena selain kuat & ringan, stainless steel tahan karat. Jadi tidak perlu dicat, karena permukaan stainless steel sudah mengkilap. Tetapi istilah “harga tidak menipu” berlaku disini. Karena keunggulan-keunggulan itulah, yang menyebabkan harga Stainless Steel lebih tinggi dibandingkan besi.
Penutup atas/atap,
Untuk bagian penutup atas, secara umum bisa menggunakan bahan x-lite dan twin-lite. Penjelasan untuk kedua bahan tersebut adalah sbb:
  • X-lite, merupakan bahan yang relatif murah. Tetapi kualitasnya juga tidak begitu baik dan relatif menyerap panas lebih banyak. Sehingga apabila kita berada dibawahnya, akan terasa cukup panas.
  • Twin lite, merupakan bahan yang cukup mahal. Tetapi kualitasnya cukup baik dan tahan lama. Twin lite juga relatif memantulkan panas dan lebih sedikit menyerap panas, sehingga bila berada dibawahnya tidak sepanas X-lite.
Talang air,
Jangan lupa untuk menambahkan talang air disamping/sisi dari kanopi, agar air dapat mengalir melalui sisi kanopi.

Mengenai biaya untuk membuat/memesan kanopi, bervariasi tergantung dari pilihan bahan rangka & penutup atas. Dalam pertemuan selanjutnya akan kita bahas mengenai pembiayaan kanopi buatan ini.


Editor | Jasa Kolam | Tribut to | Perkebunan Ekaliptus | Agro Gemilang |


Posted by: Agro Gemilang Jasa Kolam, Updated at: 19.42

1 komentar: