Rabu, 25 Juli 2012

Jasa Kolam | MEMPERTIMBANGKAN MEMBANGUN KOLAM KOI**

Membangun kolam koi sebaiknya dilakukan setelah melakukan pertimbangan dan perencanaan yang matang. Mengapa? Salah satunya karena ikan koi adalah ikan yang dapat berumur panjang, sehingga sebaiknya dalam perkembangannya di dalam kolam, sang ikan tidak mengalami gangguan-gangguan, yang mungkin disebabkan oleh perbaikan kolam disana-sini, yang diakibatkan oleh kurang matangnya rencana pembangunan kolam koi tersebut. Sebagian pecinta ikan koi menyebutkan bahwa ikan koi merupakan perlambang usia panjang. Yang pasti, ikan koi dapat hidup puluhan hingga ratusan tahun. Jadi sayang sekali kalau perkembangan koi tidak sebanding dengan mutu kolam yang akan dibangun.
Jadi berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang perlu kita perhatikan sebelum membangun kolam koi itu sendiri.
1. Luangkan waktu dan ide untuk desain yang paling sesuai dengan semua penikmat kolam.
Tidak ada salahnya menyempatkan berdiskusi dengan seluruh penghuni rumah untuk mendapatkan masukan-masukan dan pandangan-pandangan terhadap desain kolam koi yang akan dibangun. Kolam koi yang ideal sebaiknya tidak berada pada area aliran air, terutama air hujan, karena air hujan sering membawa zat-zat asam atau polutan yang tersebut di atmosfer bumi. Kolam koi juga sebaiknya jauh dari pohon-pohon besar. Pohon-pohon besar serta daun-daun yang mengotori air dapat mengakibatkan perubahan pH air kolam.
2. Rancang ukuran kolam.
Ukuran kolam koi bisa disesuikan dengan ketersediaan lahan serta jumlah dari ikan koi yang akan dipelihara. Bagi para penghobi cukup membuat kolam dalam ukuran kecil saja. Yang terpenting dari sebuah kolam koi adalah harmonisasi dari kolam itu sendiri sehingga ikan koi dapat hidup sehat dan indah.
3. Menentukan bahan baku
Untuk strukturnya, sebaiknya menggunakan bahan cor-coran dan bahan baku batu bata karena bentuknya yang kecil dan bisa fleksibel sehingga bisa disesuaikan keindahan yang kita inginkan.
4. Mempertimbangkan perlengkapan kolam koi
Sebelum memulai proses membangun kolam koi, kita sebaiknya rancang dengan matang desainnya untuk menentukan letak pintu pembuangan dan pemasukan air. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa jenis tanaman di sekitar kolam yang akan kita bangun.
5. Merancang plumbing (pemasangan pipa).
Pipa yang dimaksud disini adalah pipa - pipa yang digunakan untuk saluran air dari media filter ke kolam dan sebaliknya. 
6. Menentukan kedalaman kolam.
Idelanya sebuah kolam koi memiliki kedalaman antara 150 - 200 cm untuk menghasilkan koi yang bermutu baik. Air yang dangkal akan membuat suhu air lebih panas dan dapat merusak keindahan dari tampilan ikan.
Nah setelah semua langkah diatas sudah dipersiapkan dengan matang, maka langkah terakhir adalah kita bisa mulai mengerjakan membuat kolam koi yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan ikan koi namun juga sesuai dengan keinginan kita.

Editor | Jasa Kolam | Agro Gemilang |
Posted by: Agro Gemilang Jasa Kolam, Updated at: 23.59

Tidak ada komentar:

Posting Komentar